WALI KOTA H.M SYAHRIAL DIDAMPINGI WAKILVWALI KOTA H.WARIS BUKA MTQ KE 53 KOTA TANJUNGBALAI

suarapelangi.com-Tanjungbalai. Wali Kota Tanjungbalai Sumatera Utara H.M Syahrial didampingi Wakil Wali Kota H. waris bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanjungbalai, Kakan Kemenag buka Musabakoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 di Masjid Raya Sultan Ahmadsyah Kelurahan Indra Sakti Kecamatan Tanjungbalai Senin (15/3/2021) malam ditandai dengan pemukulan bedug.

nsyaallah untuk mendukung terwujudnya Visi Misi Religius dibidang keagamaan, tiga program unggulan yakni PENTATIM, GERBANG SURGA dan SAMAWA akan menjadi dasar pelaksanaannya.

Dalam sambutannya, Wali Kota H.M Syahrial menyampaikan Al Qur’an merupakan kitab suci dan mujizat bagi Rasulullah SAW, sebagai pedoman kita baik untuk yang membacakan maupun yang mendengarkannya penuh dengan keimanan, semakin sering kita berinteraksi dengan Al Qur’an maka Allah akan meninggikan derajat kita baik dihadapan manusia maupun dihadapan Allah SWT, sebagaimana sabda-Nya “Sebaik baik orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya (H.R Bukhari)”.

Musabaqah Tilawatil Qur’an mempunyai posisi yang sangat penting dalam rangka membangun mental spritual akhlak bangsa. Al Qur’an merupakan sumber pengetahuan serta mengandung nilai nilai kehidupan yang mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk serta mana yang sejati dan mana yang palsu

Melalui perhelatan MTQN Ke-53 tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2021, saya mengajak kita semua untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, kita jangan terjebak hanya dengan kegiatan seremonial belaka walaupun hal tersebut tidak bisa diabaikan, akan tetapi kita berkonsep kuantitas menuju kualitas karena ini adalah ajang musabaqah dan mampu mengimplementasikan nilai nilai Qur’ani menuju Kota Tanjungbalai yang berprestasi, religius, sejahtera, indah dan harmonis (BERSIH) sebagaimana tema MTQ Ke-53 kita tuntaskan buta aksara Al Qur’an menuju Kota Tanjungbalai yang BERSIH, ” harap Wali Kota.

Dikatakannya, sesuai janji politik kami, saya bersama wakil wali kota akan terus melanjutkan program Penyantunan Anak Yatim (Pentatim) dan baru pada hari minggu kemarin saya sudah memulai dan melaksanakan kegiatan keagamaan yang saya beri nama “Gerbang Surga” Gerakan bangun subuh keluarga bersama Wali Kota Tanjungbalai dan tentunya dalam waktu dekat ini kami juga akan melaunching program yang kami beri nama “SAMAWA” yakni Syahrial Bersama Waris, program ini bertujuan mengajak masyarakat Tanjungbalai dalam mendalami ajaran agamanya dan mempraktekkannya ditengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan ini, saya juga sampaikan kepada OPD bahwa pemberian honor kepada para guru mengaji dan Bilal Mayit akan langsung dibayarkan melaui Bank Sumut. Khusus kepada Ketua MUI Tanjungbalai agar kiranya turut membantu kami dalam membina ummat islam di kota Tanjungbalai ujarnya

Dalam oerbincangan saya dengan Direktur Bank Sumut, saya berencana akan membangun panggung utama MTQ yang permanen yang dananya berasal dari CSR Bank Sumut, mendengar rencana tersebut, Pimpinan Bank Sumut sangat mendukung dan akan membantu Pemkot Tanjungbalai.

Saya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya MTQ ini dab saya berpesan kepada seluruh peserta yang akan berlomba untuk mencurahkan seluruh kemampuan yang dimiliki jangan takut kalah, tetapi takutlah jika salah. Dan kepada dewan hakim saya ucapkan terimakasih atas kesediannya bekerjasama menerima amanah untuk melihat dan menilai para peserta dengan adil dan objektif, ungkap Wali Kota H.M Syahrial .

Sementara Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin menyampaikan momen MTQ menjadi tolak ukur bagi kita untuk menilai sejauh mana generasi muda dalam membaca Al Qur’an. Al-Qur’an adalah sebagai sumber pembeda antara hak dan yang bathil. MTQ ini juga jangan hanya seremonial saja tetapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. pinta Ketua Dewan itu.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tanjungbalai, Yusmada selaku ketua panitia pelaksanaan MTQ mengatakan bahwa MTQ akan diikuti 259 peserta dari seluruh Kecamatan. Cabang yang diperlombakan diantaranya cabang Tartil, cabang Tilawah, cabang Hifzhil Qur’an, cabang Qira’ah Sab’ah, cabang Syarhil Qur’an, cabang Fahmil Qur’an, cabang Tafsir bahasa indonesia, arab dan inggris, Cabang Khattil Qur’an, cabang KTIQ dan cabang Qori Lama yang pelaksanaannya akan dilaksanakan 15 s/d 18 maret dibeberapa lokasi yakni Masjid Nurul Iman, MAN Tanjungbalai, Halaman MTs Negeri dan SMP Negeri 1 Tanjungbalai. (Ysn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *