ANAK WARGA TANJUNGBALAI MENDAPAT KARTU IDENTITAS

suarapelangi.com – Tanjungbalai. Anak-anak warga Tanjungbalai Sumatera Utara mendapat Kartu Identitas Anak (KIA) dari Pemerintah setempat. Penyerahan KIA secara simbolis itu langsung diberikan Wali Kota Tanjungbalai HM. Syahriall di Kantor Disdukcatpil, jalan MT Haryono, Kelurahan Karya, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai (Rabu, 7/4/2021)

Pembagian KIA oleh Wali Kota Tanjungbalai kepada anak-anak didampingi Kadis Dukcapil Kota Tanjungbalai Indra Halomoan, Plt Kadis Pendidikan Azhar, Kadis PUPR Tetty Juliani Siregar, Camat serta jajaran Disdukcatpil Tanjungbalai

Kegiatan hari ini adalah upaya kita dalam mengedukasi masyarakat kita akan pentingnya KIA sebagai identitas diri anak anak kita dan akan digunakan sesuai kebutuhan. Kedepan saya juga mengimbau kepada dinas pendidikan agar mempersiapkan aturan agar saat anak anak kita yang mau bersekolah harus menunjukkan KIA sebagai syarat dasar pendaftaran dan hal ini juga diteruskan kepada seluruh kepala sekolah di Kota Tanjungbalai dalam pelaksanaannya, ujar Wali Kota

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota H.M Syahrial mengatakan sangat mengapresiasi Disdukcapil Kota Tanjungbalai yang terus merampungkan pencetakan KIA buat anak anak kita yang ada di Kota Tanjungbalai sebagai bagian dari dukungan kita mensukseskan gerakan indonesia sadar administrasi (GISA).

“Disdukcapil Kota Tanjungbalai akan terus kami support agar bisa mencapai target pencetakan kartu (KIA) karena ini adalah pprogram Pemerintah Pusat”

Hal ini juga bagian dari penerapan gerakan sadar administrasi dimana bisa terlihat dengan 4 hal mulai dari sadar akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan dokumen kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

“Pelayanan kependudukan dituntut tidak berhenti melakukan inovasi dan program demi layanan yang lebih baik dan prima, tujuannya pelayanan kependudukan bisa membahagiakan masyarakat karena prosesnya mudah dan cepat,” sebutnya.

Wali Kota mengatakan, inovasi Disdukcapil Kota Tanjungbalai dalam pelayanan kependudukan harus menjadi yang utama. Saya meminta kepada Dinas Dukcatpil dan Dinas Pendidikan untuk mengejar target penyelesaian Kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak anak kita mulai sejak dini, SD, SMP hingga SMA. “KIA ini berlaku dari lahir hingga waktunya anak berkewajiban membuat dan memiliki KTP, KIA wajib dimiliki setiap anak agar bisa mengakses pelayanan publik secara mandiri,” ungkapnya

Saya juga berharap kepada Camat dan Lurah untuk ikut serta mendukung program KIA ini dengan ikut serta mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat berperan aktif dalam mensukseskannya

Lanjut Wali Kota, ini merupakan kunjungan saya pertama ke Dinas yang ada di Kota Tanjungbalai usai dilantik, saya berharap seluruh jajaran mulai dari kepala dinas hingga staf yang bekerja disini untuk tetap meningkatkan kualitas dan kinerja, tingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat jangan sampai menurun.

Wali Kota juga mengingatkan untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan, pemberian sanitizer dan menjaga jarak saat menunggu diproses oleh staf yang ada di kantor ini ujar Wali Kota

Kadis Dukcatpil Indra Halomoan Nasution melaporkan bahwa hingga saat ini Disdukcatpil Tanjungbalai telah melakukan pencetakan KIA sebanyak 26.620 jiwa dari target 56.502 jiwa atau sebesar 47,11%. Secara bertahap, Disdukcatpil Kota Tanjungbalai akan terus menyelesaikan pencetakan KIA.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota H.M Syahrial memberikan KIA secara simbolis kepada 30 anak anak penerima KIA didampingi Kadis Dukcatpil dan OPD terkait sekaligus menyaksikan perekaman data bagi anak yang akan pencetakan KIA.(Ysn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *