WAKIL WALI KOTA TANJUNGBALAI SAMPAIKAN LKPJ TA 2020

suarapelangi.com – Tanjung ballai. Wakil Wali Kota Tanjungbalai Sumatera Utara H Waris menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 dalam rapat paripurna DPRD Kota Tanjungbalai yang dipimpin Ketua DPRD Tengku Eswin didampingi Wakil Ketua DPRD Surya Darma AR dan Syahrial Bakti di ruang sidang paripurna, Kantor DPRD Kota Tanjungbalai, Senin (26/4/2021).

Dalam laporannya, Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa LKPJ merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah. LKPJ ini juga merupakan laporan keempat dari realisasi pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang disusun berdasarkan realisasi penyelenggaraan APBD tahun 2020.

Menurutnya, untuk laju pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungbalai 2016-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 5,77 persen. Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tanjungbalai tahun 2016-2020 sebesar 4,87 persen, sedangkan untuk pertumbuhan belanja daerah tiap tahunnya mengalami pertumbuhan sebesar 2,73 persen.

Dalam pidatonya,Wakil Wali Kota juga menyampaikan Indikator kinerja daerah yang ditargetkan dalam RPJMD tahun 2016-2021 untuk tahun anggaran 2021 serta mendengarkan laporan hasil reses masa sidang TA 2021 oleh seluruh Fraksi DPRD Kota Tanjungbalai.

Dari total indikator tersebut, untuk capaian realisasi target RPJMD tersebut tentunya tidak terlepas dari berbagai dinamika, dimana salah satu hal yang signifikan berpengaruh adalah akibat pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di sepanjang 2020.

“Kebijakan refocusing anggaran, kebijakan pembatasan sosial, yang kemudian juga berdampak pada aktifitas sosio-ekonomi masyarakat, menjadi tantangan bagi perangkat daerah kota Tanjungbalai untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Pemkot Tanjungbalai tetap berupaya semaksimal mungkin untuk tetap memprioritaskan pelayanan serta pembangunan bagi masyarakat.

“Capaian tersebut tentunya tidak terlepas dengan adanya dukungan dari DPRD kota Tanjungbalai dan secara teknis dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah,” Kata Wakil Wali Kota.

Berdasarkan data yang ada di dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai, jumlah penduduk Tanjungbalai pada tahun 2020 yakni 178.387 Jiwa, indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat sebesar 68,65 persen, angka harapan hidup 63,27 persen, jumlah penduduk miskin Kota Tanjungbalai mengalami penurunan menjadi sebesar 13,33 persen.

Dalam rapat paripurna tersebut, Wakil Wali Kota H Waris juga menyampaikan beberapa isu strategis daerah di antaranya peningkatan daya saing daerah, peningkatan investasi, pembangunan Sumber daya Manusia (SDM), penyediaan infrastruktur, reformasi birokrasi, kemiskinan dan kesenjangan pendapatan, pengembangan dan pengguatan Inovasi dan Kreatifitas daerah serta pengelolaan pembiayaan pembangunan.

Menutup sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada anggota DPRD Tanjungbalai, seluruh komponen masyarakat yang turut mendukung situasi dan kondisi Kota Tanjungbalai tetap terjaga kondusif, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik.(Ysn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *