December 6, 2022
Jl. Garu III No. 51, Kota Medan
Berita Budaya Lokal

Pemkab Pakpak Bharat Selenggarakan Lomba Permainan Tradisional Suku Pakpak

 

Suarapelangi.com,Pakpak Bharat
Jelang puncak perayaan Pesta Budaya Oang- oang Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022 yang jatuh pada 10 Oktober 2022, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menyelenggarakan berbagai lomba nyanyi dan permainan tradisionil suku Pakpak, Jumat ( 07/10/22) di Lapangan Napasengkut(Kasean Empu Bada), Salak, Kab. Pakpak Bharat.

Ketua TP PKK Pakpak Bharat Hadiri Panen Perdana Kebun Sekolah SMPN 1 SalakBupati Blitar Buka Palah Creative Festival 2022Kunker Ke Kepri, Ini Pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin
Menurut wakil Ketua Panitia, Manihar Tumanggor, perlombaan ini diikuti oleh masing masing perwakilan masyarakat dari 8 kecamatan. adapun acara yang diperlombakan adalah lomba menyanyi cilik lagu Pakpak, Lomba mercukkil yang diikuti oleh Pria,Lomba Merjalekkat yang diikuti pria, Lomba mersitekka yang diikuti wanita, Lomba Merodong-odong dan lomba tradisional lainnya.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor melalui Sekda Jalan Berutu mengatakan Perlombaan ini merupakan kepedulian bersama terhadap budaya sekaligus sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya suku Pakpak dimana kabupaten Pakpak Bharat adalah sebagai benteng terakhir suku Pakpak.

” Hal ini kita lakukan sebagai upaya untuk tetap mempromosikan permainan-permainan tradisional kita yang saat ini mengalami degradasi karena kecanggihan teknologi yang ada, Permainan-permainan tradisional ini harus tetap kita sosialisasikan kepada generasi generasi muda suku Pakpak dan ke daerah lain bahkan ke tingkat nasional maupun internasional sehingga nilai nilai budaya tetap terjaga dan terlestarikan ditengah-tengah masyarakat” ujarnya.

Hadir dalam pembukaan dan perlombaan ini, unsur Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat, Sekda Pakpak Bharat, unsur Pimpinan dan anggota DPRD Kab Pakpak Bharat, Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Pimpinan OPD, Para Camat se-Kabupaten Pakpak Bharat, para Kepala Desa, Panitia kerja Budaya Oang oang, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda serta seluruh peserta perlombaan dn masyarakat.
(M.Berutu)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video